Publikasi Bidang Lingkungan



KESEHATAN MASYARAKAT DAN TEKNOLOGI PENINGKATAN KUALITAS AIR


ISBN : 979-8465-17-2

Sinopsis :


Kualitas air khususnya air minum dapat berpengaruh terhadap kesehatan manusia atau masyarakat melalui berbagai cara yakni melalui adanya mikroorganisme patogen misalnya protozoa, bakteria, virus dan lain-lainnya, melalui perkembang-biakan vektor penyakit, serta melalui senyawa polutan organik dan anorganik yang ada dalam air.

Penyedian air bersih untuk masyarakat memainkan peranan yang sangat penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat/lingkungan, yakni berperan dalam menurunkan angka penderita penyakit khususnya penyakit yang berkaitan dengan air (waterborne diseases), dan berperan dalam mengingkatkan standar hidup (living standard) masyarakat.

Masalah kualitas air khususnya air minum perlu diperhatikan secara lebih serius karena buruknya kualitas air khususnya air minum untuk masyarakat serta kualitas lingkungan secara langsung sangat berpengaruh terhadap tingkat kesehatan masyarakat. Buku ini membahas masalah kualitas air, khususnya kualitas air minum dan dampaknya terhadap kesehatan masyarakat, serta beberapa teknologi terapan dalam bidang peningkatan kualitas air minum dan pengolahan air limbah yang dikemas secara praktis dan sederhana.


Penulis :
Ir. Nusa Idaman Said, M.Eng.

 

Penerbit :


Kelompok Teknologi Pengelolaan Air Bersih dan Limbah Cair,
Direktorat Teknologi Lingkungan,
Deputi Bidang Teknologi Informasi, Energi, Material dan Lingkungan.
Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi

Cetakan Pertama Tahun 1999
BPPT Gedung II Lantai 20, Jl. M.H. Thamrin No. 8, Jakarta Pusat
Tel: 021-3169769, 3169770, Fax: 021-3169760
Email : air@webmail.bppt.go.id
Home Page : http://www.kelair.bppt.go.id/


Daftar Isi :

  1. Kualitas Air dan Kesehatan Masyarakat

  2. Penyakit Kanker Dapat Disebabkan Oleh Air Minum Anda

  3. Pengolahan Air Gambut Sederhana

  4. Pengolahan Air Bersih Dengan Saringan Pasir Lambat

  5. Meningkatkan Kualitas Air Tanah Dengan Filter Mangan Zeolit dan Karbon Aktif

  6. Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga Skala Individual "Tangki Septik - Filter Up Flow"

  7. Pengolahan Air Limbah Rumah Sakit "Kajian Aspek Pemilihan Teknologi"

  8. Penguraian Deterjen Secara Biologis Untuk Pengolahan Air Minum

  9. Penguraian Deterjen Dalam Air Minum

  10. Alat Pengolahan Air Limbah Rumah Tangga Individual atau Semi Komunal "Kombinasi Biofilter Anaerob dan Aerob"

Tentang Hak Cipta :

 

Hak cipta dilindungi undang-undang. Dilarang memperbanyak isi buku ini, baik sebagian maupun seluruhnya dalam bentuk apapun tanpa izin tertulis dari penerbit.

 

Undang-undang Nomor 19 Tahun 2002 Tentang Perubahan atas Undang-undang Nomor 12 Tahun 1997 Pasal 44 Tentang Hak Cipta Pasal 72 :

  1. Barangsiapa dengan sengaja dan tanpa hak mengumumkan atau memperbanyak suatu ciptaan atau memberi izin untuk itu, dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp. 100.000.000,- (seratus juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak Rp.5.000.000.000,- (lima miliar rupiah).

  2. Barangsiapa dengan sengaja menyerahkan, menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelanggaran Hak Cipta atau Hak terkait sebagaimana dimaksud dalam ayat (1), dipidana dengan pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 500.000.000,- (lima ratus juta rupiah).

 

 Anda dapat membeli versi cetak buku ini dengan mengganti ongkos cetak. Hubungi Heru/Nusa di nomor telepon : 021-3169660, faximili 021-3169736